mencari uang disini

Free Website Hosting

Merapi saat ini

MERAPI SAAT INI 10 NOVEMBER 2010



Sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi saat ini sudah tidak kelihatan seperti sungai karena telah rata dengan perkampungan di sekitarnya. Material berupa pasir, kerikil, lumpur dan batu besar memenuhi sungai-sungai tersebut. Bahkan puluhan dusun sudah rata akibat tumpahan material Merapi yang diperkirakan mencapai 140 juta meter kubik, dan menjangkau hingga 13 kilometer dari hulu.
hinga saat ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan hingga Rabu 10 November 2010 pukul 12.00 korban tewas sudah mencapai 191 orang.

Menurut yusuf korban terbanyak berasal dari Sleman, Yogyakarta dengan jumlah 161. Sementara untuk Jawa Tengah total korban ada 45 dengan rincian Magelang 15 orang, Klaten 7 dan Boyolali 3 orang.

Adapun korban yang masih menjalani rawat inap sebanyak 598 orang. Rawat inap terbanyak berasal dari Sleman yang mencapai 281 orang. Untuk Jawa Tengah total yang masih dirawat 317 orang, antara lain dari Kota Magelang 134 orang, Magelang 72, Klaten 64 dan Purworejo 47 orang.

"Sampai saat ini masih ada lebih dari 200 ribu penduduk di lereng Merapi yang harus mengungsi," kata gubernur ketika menjadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan, di Semarang, Rabu (10/11).

Menurut Gubernur, semua kebutuhan yang diperlukan oleh para pengungsi sudah dilaporkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), antara lain kebutuhan penting yang diusulkan, seperti tenda, dapur lapangan, serta dana dukungan untuk penyediaan logistik.

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan logistik para pengungsi di tiga kabupaten di lereng Merapi, yaitu magelang, Klaten, dan Boyolali, dipastikan mencukupi untuk 14 hari ke depan. "Selain itu, kami masih memiliki dana cadangan untuk masa tanggap bencana ini sekitar Rp12 miliar,"
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah Jarot Nugroho mengatakan, pemerintah provinsi telah mengucurkan tambahan bantuan untuk tiga kabupaten yang terkena bencana. Kabupaten Magelang memperoleh tambahan dana Rp2 miliar, sehingga total telah memperoleh bantuan mencapai Rp4 miliar.

Adapun, Kabupaten Klaten dan Boyolali, lanjutnya, masing-masing juga memperoleh kucuran bantuan sebesar Rp2 miliar.

Dengan tambahah bantuan itu diperkirakan kebutuhan logistik pengungsi Merapi cukup untuk 10 hari ke depan. "Yang penting, pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi jangan sampai terlambat,"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

klik disini ya

BlogCatalog